XXI Short Film Festival 2013 Mulai Masuk ke Tahap Penjurian


riri riza Pagelaran XXI Short Film Festival 2013 saat ini sudah memasuki tahap penjurian. Para juri dari kategori Film Pendek Fiksi Naratif, Film Pendek Animasi, dan Film Pendek Dokumenter mulai menonton film pendek karya 29 finalis yang sudah terpilih pada tanggal 21 Februari lalu di Plasa Senayan XXI.

Seperti diketahui, para dewan juri yang akan menentukan pilihan film-film pendek terbaik tersebut adalah Hanung Bramantyo, Ifa Isfansyah dan Lola Amaria untuk film pendek fiksi naratif, Candra Endroputro, Hikmat Darmawan dan Wahyu Aditya untuk film pendek animasi, serta Abduh Aziz, Lulu Ratna dan Vivian Idris untuk film pendek dokumenter.

"Iya hari ini juri-juri perkategori sedang menonton film pendek dari para finalis di layar bioskop dan melakukan diskusi. Nggak ada konflik kok di tahap ini," ujar Nauval Yazid, selaku Programming Team XXI Short Film Festival 2013 saat dihubungi redaksi Cinema 21 via telefon.

Hasil proses penjurian tersebut nantinya akan diumumkan pada tanggal 24 Maret 2013 di acara 'Awarding Night' di Epicentrum XXI. Disana para juri akan mengumumkan peraih Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik, Film Pendek Animasi Terbaik dan Film Pendek Dokumenter Terbaik. Untuk Film Pendek Pilihan IFDC (Indonesia's Film Directors Club), proses penjuriannya masih belum dilakukan.

"Untuk Film Pendek Pilihan IFDC, proses penjuriannya belum dilakukan. Saat ini para juri masih fokus untuk berdiskusi mengenai tekhnik pengambilan gambar, kualitas gambar dan suara dari karya-karya tersebut. Mereka saling berkomentar mengenai film-film jagoan mereka," pungkas Nauval.

Keseluruhan program XXI Short Film Festival akan diselenggarakan secara gratis pada tanggal 21-24 Maret 2013 di Epicentrum XXI dan terbuka untuk umum. Setelah itu, seluruh film terpilih akan diputar dalam program khusus kompilasi pemenang XXI Short Film Festival 2013 di layar bioskop Cinema 21.

Posted by: Alit Bagus Ariyadi

CONNECT WITH US ON