Finalis XXI Short Film Festival 2013 Siap Unjuk Gigi


riri riza Para finalis XXI Short Film Festival 2013 siap unjuk gigi pada tanggal 21-24 Maret. Sebanyak 29 film pendek yang terdiri dari fiksi naratif, animasi dan dokumenter bisa dinikmati secara gratis di Epicentrum XXI.

 

Pada tanggal tersebut akan disajikan 10 finalis film pendek fiksi naratif, 9 finalis film pendek animasi dan 10 finalis film pendek dokumenter. Mereka berlomba untuk merebutkan berbagai penghargaan yang terdiri dari Film Pendek Fiksi Naratif Terbaik, Film Pendek Animasi Terbaik, Film Pendek Dokumenter Terbaik, Film Pendek Fiksi Naratif Pilihan Media, Film Pendek Animasi Pilihan Media, Film Pendek Dokumenter Pilihan Media, Film Pendek Pilihan Versi IFDC (Indonesia's Film Directors Club) dan Film Pendek Favorit Pilihan Penonton.

 

"Kita nggak cuma kasih kompetisi aja tapi juga ada pembinaan melalui workshop. Pada tanggal itu kita putar secara gratis karena ini adalah tahun pertama kita. Selain itu kita ingin pembuat film pendek bisa terekspose seluas-luasnya oleh masyarakat umum," ucap Catherine Keng selaku Festival Director XXI Short Film Festival 2013.

 

"Setelah pemenang terpilih baru pemutarannya nanti akan dipungut biaya layaknya film-film yang di putar di bioskop," tambahnya.

 

XXI Short Film Festival 2013 tidak hanya menampilkan karya dari para finalis saja. Ada program non-kompetisi salah satunya bertajuk 'Focus On Director' yaitu retrospektif film-film pendek karya 2 sutradara berbakat B.W. Purbanegara dan Ifa Isfansyah. Kedua sutradara tersebut diketahui sudah memiliki karya film pendek yang diakui oleh negara lain.

 

Selain program pemutaran, XXI Short Film Festival juga akan menghadirkan 2 sesi workshop yaitu Workshop Shorts for Sale!, tentang Distribusi Film Pendek dan Rock your Short!, mengenai cara penyebaran film pendek serta penggunaan ilustrasi musik di film pendek.

CONNECT WITH US ON