Riri Riza Bicara Tentang XXI Short Film Festival 2013


riri riza

Salah satu sutradara handal yang menyambut baik ajang XXI Short Film Festival 2013 adalah Riri Riza. Sutradara yang sukses dengan Kuldesak (1997) Gie (2005) dan Laskar Pelangi (2008) itu menyatakan kegembiraannya dengan adanya kompetisi bagi para insan film pendek."Saya sangat gembira mendengar 21 short film festival akan digelar, ada sebuah inisiatif yang diadakan oleh jaringan bioskop 21 untuk menyelenggarakan sebuah lomba festival film pendek," jelas Riri saat berbicara dengan Cinema 21 di Cilandak Town Square beberapa waktu lalu.

 

"Tentu saja ini adalah sebuah kesempatan bagi pembuat film muda atau siapapun yang memiliki minat, antusiasme, passion untuk membuat film dan meramaikan dunia film Indonesia dengan karya yang bermutu," tambah Riri.

 

Menurut Riri, film pendek adalah sebuah medium yang tepat bagi para sineas muda untuk memulai karyanya sebelum terjun ke dunia film profesioanal. Selain itu dengan film pendek para sineas muda bisa berekspresi bebas tanpa terpasung oleh pakem-pakem komersial dan durasi.

 

"Film pendek bisa menjadi ajang latihan untuk mempersiapkan pembuat film untuk masuk kedunia film yang lebih profesional dan kesempatan mendapat hadiah dan juga didistribuiskan melalui jaringan bioskop, tentu saja tidak sering terjadi dan 21 short film festival adalah tempatnya," lanjut Riri.

 

Dengan mengikuti XXI Short Film Festival 2013, para sineas dipastikan akan mendapatkan kesempatan yang luas untuk memperkenalkan karyanya ke masyarakat. Hal ini dianggap penting bagi Riri agar pembuat film pendek bisa memiliki kesempatan untuk terus berkembang.

 

"Bioskop adalah salah satu outlet dimana film itu dibudayakan dimasyarakat. Jadi kalau ada tempat untuk memperkenalkan karya kita yang paling baik atau yang paling relevan adalah melalui jaringan bioskop 21. Dan tentu saja dengan mengikuti sebuah festival kita bisa punya kesempatan lebih baik lagi," pungkas sutradara yang baru saja memutar film terbarunya Atambua 39 Derajat Celcius di Tokyo Internasional Film Festival 2012.

 

Bagi Kamu yang tertarik untuk mengikuti ajang XXI Short Film Festival 2013, bisa ikutkan karya film pendek kamu sebelum 10 Desember 2012. Dan untuk info lebih lengkap bisa lihat disini . Selain Riri Riza ajang ini juga turut di dukung oleh Hanung Bramantyo, Joko Anwar, Ifa Isfansyah, Wulan Guritno, Lola Amaria dan Olga Lydia.

CONNECT WITH US ON