Ifa Isfansyah: Film Pendek Harus Bisa Dinikmati Seluruh Masyarakat


riri riza

Sebagai salah satu sutradara yang memulai karirnya di dunia film pendek, Ifa Isfansyah menyatakan bahwa film pendek harus bisa dinikmati oleh masyarakat luas. Pasalnya selama ini menurut Ifa, para pembuat film pendek kesulitan untuk memutar film pendek mereka.Para pembuat film pendek di Indonesia saat ini diakui Ifa baru dalam tahap sadar produksi. Namun akan menemui masalah saat ingin memperkenalkan karya mereka ke masyarakat.

 

"Problem utama sineas adalah saat ingin memperkenalkan karya mereka. Tempatnya sangat terbatas, ruang-ruangnya jadi terbatas dan akhirnya film pendek hanya bisa mencapai ruang-ruang alternatif, dan hanya bisa dinikmati komunitas film pendek itu sendiri," ujar Ifa saat berbicara dengan Cinema 21 di kawasan Kemang, Jakarta Selatan.

 

Penyelenggaraan XXI Short Film Festival 2013 dianggap Ifa sebagai ajang yang tepat bagi para sineas muda untuk memperkenalkan karya mereka ke masyarakat yang lebih luas. Film pendek nantinya bisa keluar dari ruang sempit yang selama ini membelenggunya.

 

"Dengan adanya 21shortfilmfestival ini saya mengharapkan film pendek benar-benar mampu menyentuh semua lapisan masyarakat jadi tidak hanya di ruang-ruang alternatif," tambah menantu Garin Nugroho itu.

 

Ifa pun berharap melalui XXI Short Film Festival 2013 para film pendek bisa dinikmati masyarakat luas. "Industri yang bagus adalah sebuah industri yang imbang, baik itu ruang-ruang alternatif maupun ruang-ruang arus utama. Buat saya, saya menginginkan sekali film pendek bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat," pungkas sutradara berusia 32 tahun itu.

 

Bagi Kamu yang tertarik untuk mengikuti ajang XXI Short Film Festival 2013, bisa ikutkan karya film pendek kamu sebelum 10 Desember 2012. Dan untuk info lebih lengkap bisa lihat disini . Selain Ifa Isfansyah ajang ini juga turut di dukung oleh Riri Riza, Hanung Bramantyo, Joko Anwar, Wulan Guritno, Lola Amaria dan Olga Lydia.

CONNECT WITH US ON